[Review] Mizzu: Eyeshadow – Smoky Charcoal, Smoky Latte, Natural Mocha

IMG_5094
Mizzu is an Indonesian cosmetic brand that focuses on eye makeup. I’ve seen their products on plenty of online shops very often, but I always hesitated to try them because I’ve never seen any of their official offline store before. I mean, this is a new brand that I’ve never heard of, I just want to make sure their cosmetics are safe and already registered on BPOM. I won’t put unknown stuff on my face -you know it’s dangerous. But it turns out that Mizzu already has BPOM certificate! So after watching Mizzu eyeshadow review from my two favorite Indonesian youtuber Suhay Salim and Nadya Aqilla, I decided to try them!

I bought the eyeshadows at BerryBenka since I can’t find their offline store in Jakarta. These are Mizzu Gradical Eye Shadow in the shade Smoky Charcoal, Smoky Latte, Natural Mocha.


IMG_5095

Packaging
The packaging has the same concept as Wardah and Emina eyeshadow. The material quality isn’t the same though. They aren’t bad but aren’t the best either because I feel that it’s slightly less sturdy. Talking about the brush that they provided in the palette, it is the BEST among all the local eyeshadow produced so far. It pickup the color so nicely and transfer it to the lid so evenly. I really really appreciate this.

Color, Texture, and Finish
Well let’s just get to the point: Mizzu eyeshadow is one of the best local eyeshadow available in the market. The texture is smooth, not hard, for the price: the pigmentation is insane. I totally regret buying Makeup Revolution Iconic Pro 1 palette, I’m soooo sorry I like these Mizzu eyeshadows so much better. Just beware that this creates a lot of fall outs if you’re not being very careful. So it kinda make the pan really really messy (let’s get real people these are only around US$3 each lol -I really don’t mind).
Talking about their color, the company doesn’t give names to each color. Hmmmm, not fun. So I decided to give them names my self. Only based on my interpretation, but really, I hope you guys enjoy this as I enjoy making them ;)

Smoky Charcoal
IMG_5093
Charcoal. Steel. Industrial Silver.
Charcoal. matte finish with sparkles, the color really resemble charcoal, not black (nor trying to be black), somewhat grey but darker.
Steel. shimmery satin finish, very fine shimmers, this is probably the most pigmented among all the colors that I had tried.
Industrial Silver. shimmery satin finish, very fine shimmers (not glittery)

Smoky Latte
From all of the 3 palettes that I bought, this particular one somewhat has different formula. The eyeshadows are only best applied with fingers. I feel that the brush couldn’t pickup the shimmers so the satin finish looked like matte with a few sparkles and it also makes the matte finish feels slightly chalky :/. But when I apply it with my fingers it feels and looks like the other two palette.
IMG_5091
Pitch Black. Warm Brown. Juicy Orange.
Pitch Black. Matte finish with sparkles, a little bit patchy when it first applied, but it blends nicely. Surprisingly this black is much much more darker than MakeOver’s Black Stiletto!
Warm Brown. Satin finish, the color has a very warm undertones.
Juicy Orange. Satin finish, just bright orange.

Natural Mocha
At first, I was expecting this trio to be all-matte-finish like Wardah #G and MakeOver Emperor Brown. But it turned out that every color in this palette is shimmery. Not that I don’t like sparkles, I just thought that maybe I can write a “Matte Eyeshadow Battle” between those three brands.
IMG_5092
Brown Taupe. Sandy Taupe. Creme Champagne
Brown Taupe. satin finish. It is a cool toned deep brown, somewhat almost olive. There’s something unique about this shade but I was not quite sure what it was. I thought this shade was ALMOST DUOCHROME, because I saw a very slight blue-ish tone although it wasn’t as intense as one of the Wet n Wild Comfort Zone Definer. But oh… maybe it looked like that just because it has blue and gold shimmers to it. Haha it really fooled my eyes lol, I don’t know.
Sandy Taupe. satin finish
Creme Champange. satin finish

Overall, I definitely enjoy their choice of colors. I might consider buying more of them #kyaa because of the color selection. Very safe, basic, and classy. Not to mention the awesome pigmentation #ehem.

Price & Availability
They only have offline store at Tangerang. So if you live in Jakarta and everywhere else, please check out this page. I got it Rp42.500,- for each palette.

Final Verdict
Mizzu is on the game! Another amazing cosmetic brand from Indonesia :) Can’t wait to try more of their products.

Advertisements

10 comments

  1. halo, aku Tasya. Mau minta saran ya :D ceritanya lagi rencana mau beli eyeshadow nuansa neutral. Pinginnya memang yang trio atau quad aja sih krn aku tipe yg gak rajin dan gak gitu suka pakai eyeshadow sebenernya. Tapi gatel aja pingin punya satu :’D Ohiya, sukanya juga yg brand lokal aja atau pokoknya yang bisa dibeli di toko.

    Nah googling2 hasilnya sih naksir Wardah, Revlon, Make Over, dan Mizzu. Lalu nyasar ke blog kamu deh. Pingin minta pendapatmu nih karena kamu punya eyeshadow dari 3 brand inceranku :D Aku mentingin yang mudah dibaur (karena gak punya brush mata yang oke) dan staying powernya lumayan (karena kelopakku berminyak). Menurut kamu mana yang paling-paling? Ohiya Mizzu shimmernya masih oke gak ya buat sehari-hari? Aku pernah punya eyeshadow Silkygirl dan Inez, gak suka sama shimmernya berlebih menurutku.

    Terima kasih banyak sebelumnyaaa <3

    1. Halo Tasya :) thanks ya udah mampir.. Kebetulan dulu aku juga punya yang Revlon, tapi aku kasi ke temen karena aku kurang suka formulanya (keras & patchy). Kalo yang mudah dibaur menurutku Mizzu > MakeOver > Wardah > Revlon. Staying power semuanya sama aja, standar, tapi kalo pake primer semuanya jadi jauh lebih tahan lama & pigmented terutama Mizzu MakeOver & Wardah. Tapi kalo untuk sehari-hari sih menurutku Mizzu shimmernya masih terlalu kenceng buat yang ngga suka keliatan ‘bling-bling’. Pilihan paling aman itu MakeOver Emperor Brown :) tapiii kalo kamu masih punya budget buat beli satu lagi, aku recommend Mizzu.

      1. iyaya,aku baru baca-baca lagi review orang-orang tentang eyeshadow Revlon, kayaknya mah gak sebanding sama harga :) sayang aja Mizzu gak matte yah, tiga-tiganya shimmer huhu. Etapi aku baru cek websitenya tadi ada dua earthy color baru, tapi entah deh shimmer juga atau gimana. Nah aku anaknya males pula pake eye primer :D Iyaya biar imbang satu trio matte, satu lagi trio shimmer yaa.. Makasih banyak buat informasi dan masukkannya.

        Have a nice day!

      2. Halo, boleh ikut nimbrung nggak? :D
        Aku baru mulai nyoba dandan beberapa bulan lalu dan pengen belajar pakai eyeshadow, jadi aku masih cari-cari. Aku juga pengen cari yang trio atau quad biar sekalian untuk latihan gradasi, soalnya lihat-lihat video Suhay, kayanya minimal dia pakai tiga warna deh untuk bikin gradasi yang cakep.

        Kalau aku sempet ngelirik Wardah, Inez, Make Over, dan Mineral Botanica.
        Tapi kok banyak yang bilang eyeshadow Wardah kurang pigmented dan susah dibaur. Kalau misal ada yang puas, biasanya itu blogger yang juga baru belajar dan cari irit, makanya aku kurang yakin dengan reviewnya.

        Inez varian Venice ni udah kayak HG iritnya banyak orang. Aku cukup yakin sih karena orang yang review pasti kayak berbusa-busa heboh, dan itu buanyak banget. Tapi untuk varian lain katanya sih Inez biasa aja soalnya kualitas teksturnya nggak sama. Harga juga murah meriah.

        Mineral Botanica walau pilihan warnanya cakep, katanya shimmer semua dan kayanya nggak ada yang istimewa. Mungkin terbilang standar.

        Make Over ada yang matte, pilihan warna juga cakep, tapi dia mahal dan beberapa blogger bilang dia powdery. Aku agak bingung maksudnya. Apakah itu berarti bubuk-bubuknya berjatuhan waktu aplikasi atau gimana?

        Sebenernya aku belum kepikiran lirik Mizzu karena aku ga yakin dia ada counter. Aku males banget kalau harus pesen online soalnya pakai ongkir (ya, aku pelit sekali wkwkwk). Tapi aku pikir gak ada salahnya cari tahu soal kualitasnya. Siapa tau besok pas dah ada counter kan aku bisa nyobain.

        Menurutmu gimana? :)

      3. Halo Nuriowandari,
        Aku setuju banget sama analisis kamu :) Ini breakdownnya ya:

        – Inez
        To be honest, aku kurang suka sama finish eyeshadownya Inez, makanya ngga pernah aku review padahal punya 3 (New York, Venice & Pattaya). Ini menurut aku pribadi aja ya, warnanya tipis, harus di-build, teksturnya banyak yang chalky (kya kapur gitu), harus usaha banget untuk bisa ke-blend, jadi sebenernya aku ngga paham kenapa banyak yang nge-rave ini. Mungkin aku dapet yang bad batch (padahal masing-masing aku beli di 3 tempat yang berbeda) atau mungkin emang standarnya kya gitu. Tapi ya tiap orang punya preferensi masing-masing, mungkin for most people they like it for what it is, but for me I prefer something else.

        – Mineral Botanica
        Nah kalo ini sejujurnya aku juga ngerasa there’s nothing special or new about it, entah itu packagingnya kurang menarik atau masalah kombinasi warnanya dalam satu palette yang kurang menarik, atau pokoknya belum ada sesuatu yang bikin aku tertarik buat beli^^;; Kalo Mizzu, salah satu pemicu aku beli ini karena liat di review orang lain kalo brushnya kepake banget, bukan sponge applicator yang standar.

        – Powdery Eyeshadow
        Powdery itu maksudnya ‘nyerbuk’, jadi terbentuk excess (produk yang terangkat berlebihan) dari eyeshadow (karena kita swirl the brush on it) tapi ngga terangkat brush. Powdery ini pun ada bermacam-macam tingkat, dari yang ngga mengganggu sampe yang mengganggu banget. Ada yang powdery tapi fall-out nya minim, ada yang powdery tapi waktu di-apply fall-out nya mengganggu banget (untuk ini ada aja sih orang yang ngga peduli karena fall-out toh bisa dibersihin haha), Tapiiii ada lagi fall-out yang terjadi sepanjang hari (dari eyelid dia jatoh-jatoh -nah ini super mengganggu). Aku pernah nonton seorang youtuber yang sering nyoba produk high-end (kalo ngga salah si Tati -duh aku lupa di video yang mana), dan dia komentar sebenernya banyak juga produk brand high-end yang powdery, kurang lebih dia dia bilang, “Well it’s a powder form, what do you expect?” Jadi powdery atau ngga menurutku bukan parameter suatu produk bagus atau ngga -yang penting fall-outnya ngga berlebihan sampe di bawah mata item-item at the end of the day
        Dari aku nyoba produk lokal si semuanya hampir ngga ada yang ga powdery ya. Yang ngga powdery itu aku punya Make Up For Ever Artist Shadow, ini karena dia eyeshadow powder tapi gel based.

      4. Oh yaaa. Kayak kasus pensil atau gel liner yang ngesmudge atau bedak tabur yang “sheer” ya? Kadang aku suka bingung waktu baca review bedak tabur yang ditulis minus karena nggak ada coverage.

        Aku kemarin akhirnya beli Inez atas pertimbangan harga semisal akhirnya nggak suka. Aku cuma punya set kuas Mineral Botanica dan memang eyeshadow Inez susah terangkat. Tapi ternyata kalau aku ambil pakai jari terus aku oles, dia lumayan pigmented, jadi aku menduga masalahnya ada pada kuas.

        Masalah gampang dibaurnya aku masih belum bisa menilai soalnya warnanya juga agak tertelan kulitku yang gelap, jadi susah dilihat juga. Mungkin berikutnya aku bakal ambil Make Over atau Mizzu kalau udah ada distributornya di Jogja. Habisnya ongkir Jogja, jatuhnya bisa naik hampir 50% dari harga produknya sendiri. Sayang aja misalnya bayar 70rb untuk produk 50rb. Mending ntar borongan sekalian :P

  2. haai nuriowandari, ikutan nimbrung juga yah :D aku juga soalnya baru-baru ini aja tertarik sama eye makeup, jadi lagi belajar juga. Brushku juga cuma 2 dari Masami Shouko yg mmm… agak kasar ternyata. Baca-baca brush set Mica lumayan katanya. iya kah?

    Akhirnya aku beli eyeshadow lagi buat mulai belajar, yang bener-bener matte dari Make Over, Emperor Brown pastinya. Gak nyesel beli ini, apalagi pas diskonan di Sociolla hehe. Terus aku akhirnya beli juga Wardah trio G karena kegoda diskon Guardian jadi Rp 34.500 . Bener sih emang dari kualitas menang Make Over. Warnanya lebih keluar, lebih tahan lama di oily lidku walau tanpa primer, lebih mudah dibaur, dan lebih buttery juga teksturnya. Cuma buat kombinasi shadenya aku lebih suka Wardah G karena lebih berasa cocok sama warna kulitku.

    Ohiya kalau di Yogya ada Beau beauty shop? Karena mereka baru-baru ini jualan Mizzu juga dan ada testernya di situ. Selain toko itu aku gak tau lagi sih dimana Mizzu jualan offline.

    Sebelumnya aku juga punya Inez Venice cuma berakhir oper ke ibu karena aku gak suka shimmernya ternyata kentara banget dan super pigmented jadi aku malah gak pede pakenya karena belum bisa ngeblend yang bagus. Dari quad itu juga aku cuma suka 1 warna aja :p

    Mineral Botanica juga sempat punya, yang seri D apa yah.. Yang warna-warna coklat. Tapi sama gak suka juga karena warnanya aku kurang suka ternyata kurang cocok buat sehari-hari. Again, bling-blingnya nampak banget dan susah diangkat produknya baik pake tangan atau jari.

    1. Halo, halo. Cuma selang berapa minggu ya dari komentar terakhirku, dan dompetku sudah menipis gegara khilaf beli eyeshadow dan set kuas baru wkwkwkkw

      Set kuas Mica menurutku lumayan kalau kita baru mau belajar. Kuas wajahnya ada dua, kuas alis, kuas bibir, sisanya untuk mata. Aku suka sama kuas wajahnya karena lembut. Tapi kalau kuas matanya aku belum yakin dengan penilaianku karena mungkin cara pakaiku yang salah. Cuma kalau dari eksperimen sejauh ini, ada beberapa kuas yang kadang terasa nusuk:

      1.) Kuas eyeliner (yang miring): Kalau yang dipakai sisi permukaannya, bulu kuas ini agak nusuk di kelopak mata. Menurutku kuas ini juga agak terlalu lebar, tapi bisa kalau mau buat alis. Kalau mau membubuhkan eyeshadow dengan agak miring (pakai sisi datarnya) juga masih bisa. Bulunya nggak mengganggu.
      2.) Kuas base eyeshadow (bentuknya seperti dome membulat): Untuk membubuhkan eyeshadow, kalau dibandingkan sama jari dan spons bawaan entah kenapa dia kalah. Tapi dibuild up ya masih bisa sih. Buat membaur warna di kelopak juga oke, tapi sayangnya sesekali dia terasa nusuk nih. Masih bisa ditolerir sih.
      3.) Kuas blending & kuas angled shading (bulunya lebih jarang): Sebenernya performanya oke. Tapi kalau dinilai sebagai bagian dari set kuas, ya sayang aja kok ukurannya terlalu besar. Nggak ada kuas yang cukup kecil untuk bikin rias mata mendetail, atau kalau kita mau nambah warna di ujung, bakal berantakan kalau pakai ini. Tapi mungkin ini faktor teknik aplikasiku juga :D

      Sebenernya untuk kualitas ya 11-12 sama set kuas tanpa merk yang sering kita lihat di jualan mungkin ya. Cuma kalau kuas tanpa merk kan kitanya kudu jeli bener itu bentuk kuasnya gimanaan, bakal kepakai nggak? Soalnya karena tanpa merk, mereka memang ga gitu mikir kan yang dicari dari set kuas itu apa aja dan bentuknya gimana. Aku pernah baca review Racun Warna Warni yang set kuas 24 biji Make Up For You warna pink. Ada 6-7 kuas kecil dengan bulu padat kayak kuas concealer, dan itu jelas nggak kepake lha persis semua bentuknya :))

      Kalau saranku sih, menurutku nggak ada salahnya punya brush “ecek-ecek” dulu. Seenggaknya jadi punya pegangan dan pernah eksperimen, jadi bisa ngeraba-raba bentuk kuas kayak apa sih yang dibutuhin kalau di area ini? Kayak gitu kan ngebantu banget untuk beli kuas yang emang bagus, biar gak salah beli.

      Untuk eyeshadow..
      Selain Venice, sekarang aku punya MakeOver yang Enchanting Nude. Belinya waktu iseng ikut Beauty Class mereka dan nyoba Emperor Brown. Dan itu pigmented gilak! Berasa mau mampus! Mereka juga kasih diskon 20%! Tapi.. pas mau beli malah gak ada stok Emperor Brown, huiks. Ganti cari Indian Summer juga gak ada -____-

      Akhirnya aku beli Enchanting Nude karena ada putih dan cokelat gelap yang matte. Punya Inez kan ada kilapnya semua (walau dikit). Tapi ternyata warna tengahnya (shimmer krem) gagal keluar di kelopak mataku. Cuma kelihatan kilap, tapi warnanya seperti tertelan. Aku coba kasih base dengan e/s lain tapi masih belum berhasil nongol. Entah kudu dipadu warna apa biar bisa lebih gonjreng.

      Tapi yang jelas karena semua koleksiku masih netral dan deket warna kulit, aku merasa susah menilai apa teknik blendingku dah bagus atau belum. Atau pemilihan warnaku udah baik apa belum. Makanya aku pengen beli yang rada “norak” dikit. Kepikirannya baru merah sama hijau, tapi nggak ada deretan palet kayak gitu :(

      Sebenernya aku suka sama pilihan warna di quad Mineral Botanica, tapi kayaknya kok kilapnya gak tanggung tanggung. Kalau Venice, aku merasa masih cakep di kulitku.Tapi mungkin aku mau beli eyeshadownya Mizzu sih. Aku pengen beli rautannya dan perlu barang lain buat nggenapin belanjaan supaya gratis ongkir wkwkw

      Kayanya Beau Shop baru ada di Jakarta. Di shopee ada yang jual produk Mizzu dan bisa bebas ongkir kalau belanja di atas 70rb :D

    2. Aduh nggak bisa ngedit komentar.
      Intinya sih set kuas Mineral Botanica lumayan lengkap untuk kebutuhan standar. Tapi untuk detail rias mata, jelas perlu beli kuas lain yang ukurannya lebih kecil.

      Aku barusan pesen Ultimate Eye Set dari Real Techniques sih. Ada yang bilang bagus, tapi ada juga yang bilang kuasnya kegedean :|| Ya lihat deh nanti kalau udah sampai paketnya :))

      1. iya setujuuu, akupun masih belinya kuas gak bermerk dulu karena bener banget ternyata gak semua brush di dalam set bakal kepake. apalagi buat eye makeup. btw brush brush RT dan ecotools di sociolla lagi diskon sampe 60% :’))) lumayan bangeeet *ratjun*

        wah enchanting nude tuh yang sempet aku taksir juga sebelum akhirnya mantap emperor brown. akupun masih penasaran nih sama mizzu, kalo colek colek di Beau sih okee. Wah rautannya Mizzu oke punya tuh, sesuai lah sama harganya yg lumayan. beneran tajem banget (pernah kesayat) dan cuma rautan ini yg emang bisa ngeraut eyeliner pensilnya dengan bagus.

        hehe shopee memang promo gratis ongkirnya menggoda bgt :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s