Five Must-Have Basic Brushes

SONY DSC

Sebagai pemula dalam makeup dulu saya pernah bingung, perlu beli makeup brush atau ngga sih? Bukannya bisa apply eyeshadow pake jari ya? Itu pilihan kuasnya banyak amat, mau bikin saya pusing atau mabok sih? Trus saya harus punya semuanya gitu? Emang bedanya yang murah & yang mahal apa? kan sama-sama bulu. Kalo saya belinya yang murah aja gimana? Perlu ngga sih beli yang harganya sejutaan itu? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang akhirnya saya ketahui dengan learning by doing.

Butuh atau ngga-nya makeup brush itu sebenernya tergantung preference tiap orang dalam menggunakan makeup. Basicly, kalo ngga mau ribet dan merasa puas-puas aja apply pake jari-jari ciptaan Tuhan, jawabannya adalah kamu ga butuh beli kuas yang aneh-aneh. I mean it. But… you definitely need makeup brushes if (at least) one of these applies to you:
a. ngga mau tangannya warna-warni karena nyolek eyeshadow atau blush
b. merasa kurang higienis kalo apply pake tangan
c. perlu presisi yang detail ketika meng-apply sesuatu
d. supaya keliatan keren
e. sadar kalo ngga jago menggunakan jari-jari ciptaan Tuhan (yang padahal multifungsi itu) sehingga perlu bantuan kuas untuk meng-apply makeup

Tadinya saya tipikal yang fine-fine aja apply apapun pake jari. Tapi sejak kenal powder brush, saya jadi penasaran sama kuas-kuas lainnya :D ntar saya bahas di bawah ya. Jadi, inilah 5 kuas basic yang harus dimiliki versi saya, berurutan dari yang paling penting:

1. Angled brush – Armando Caruso Milan No.07
Bisa buat apply eyeliner, ngisi eyebrow, apply warna di eyelid bawah, bahkan meratakan eyeshadow biar rapi juga bisa pake ini :P Jadi menurut saya ini kuas hampir all-in-one untuk makeup mata!
SONY DSC

2. Blending brush – Oriflame
Untuk memudarkan harsh line pada eyeshadow. Bisa juga untuk aplikasi mono eyeshadow kalo mau hasil yang tipis & ga terlalu ‘gonjreng’. Brush Oriflame ini harganya cukup murah. Tapi jujur aja saya kurang ngerekomendasiin brush merk ini (terutama untuk kulit sensitif) karenaaaaa walaupun di kulit tangan rasanya halus, kalo di kulit muka masih berasa kasar menurut saya. I really need to find another blending brush T,T Jadi belajarlah dari kesalahan saya ya sodara-sodara. Inilah bedanya kuas yang murah dan kuas yang rada mahal. Daripada beli murah yang kualitasnya kurang memuaskan, mending cari yang murah dengan kualitas bagus, atau nabung buat beli yang mahal, atau ngga beli sama sekali XP
SONY DSC

3. Powder brush – Masami Shouko & MakeOver
Percayalah bahwa apply bedak pake powder brush itu hasilnya lebih natural daripada pake sponge. Beneran. Bahkan saya sampe punya powder mini-brush (ada di postingan yang ini) u/ ditaro di pouch. Dengan pake brush, kita bisa menentukan berapa banyak butiran bedak yang mau kita pake. 1328 butir misalnya. ngga deng. ngga seakurat itu hahahaha. Tapi.. seriously you should try it your self. Hasilnya bedak jadi ngga terlalu tebal dan lebih rata. This Masami Shouko is my very fffirst brush before my every other brush. Saya sengaja pilih yang ada tutupnya supaya lebih higienis & terlindungi dari debu. Yang baru-baru ini saya beli adalah MakeOver Brush, terbuat dari rambut kuda poni asli sehingga lebih halus. Anyway, sebenarnya oh sebenarnya, 2 brush ini adalah blush brush. Tapi khusus model brush yang kya gini bisa juga kok dipake buat powder brush.
SONY DSC
SONY DSC

4. Eyeshadow brush – Masami Shouko 207
Simple everyday apply n’ blend eyeshadow brush. Pasti kamu sering ngeliat kuas sejenis ini, bisa berukuran lebih besar ataupun lebih kecil. Pada intinya semua itu adalah kuas untuk meng-apply eyeshadow. Yang bikin beda adalah hasilnya akan se-detail apa. Untuk bagian sudut mata yang susah dijangkau kuas besar, tentunya perlu kuas yang lebih kecil.
SONY DSC

5. Blush brush – Tammia
Blush brush sebenernya banyak banget jenisnya, dari angled contour brush, flat brush, round brush, dll. Untuk blush brush, saya sendiri lebih suka (semi-circle brush) yang bentuknya setengah lingkaran seperti ini daripada yg mirip powder brush. Saya memilih ini karena penggunaannya simpel banget. Jujur saya masih rada bingung yang mana apple cheek, dan (walaupun rasanya udah tau yang mana apple cheek) seberapa ‘luas’ bagian yang harus diapply juga rada membingungkan hahaha :P Nah, si semi-circle brush ini memudahkan saya meng-apply blush karena bentuknya yang sudah ‘bundar’ dan tinggal swipe dari apple cheek ke arah luar membentuk setengah lingkaran menuju tulang pipi dekat telinga. Hasilnya natural, warnanya ngga pake ‘numpuk’ di pipi —yes, this is my preference in applying blush considering my oval face :P Cara ini juga sebenernya saya ‘meniru’ cara seorang MUA waktu dia mendandani saya untuk wisuda, jadi ngga ngasal-ngasal banget hehe..
SONY DSC
Anyway, semi-circle brush ini merupakan jenis brush yang sama dengan brush bawaan blush Bourjois (sister-brand nya Chanel) dan blush L’Oreal Paris.

***

Kalo lipstik gimana? Bukannya lebih rapi pake kuas ya?
iyes, sodara-sodara. Tapi kembali lagi ke personal preference alias selera masing-masing ya~ Untuk lipstik, saya lebih suka hasil yang matte dan cukup hanya ‘merona’ di bibir, ga perlu keliatan-keliatan amat :3 Caranya adalah dengan di-apply ditotol2 langsung dari lipstiknya, setelah itu di di-blot pake tissue (ditempel tissue supaya ngga glossy). Atau, cara lainnya adalah dengan di-apply pake jari manis ke bibir bagian dalam. Cara ini lebih banyak saya temukan di tutorial-tutorial makeup korea. Cara apply lipstik yang full-swipe lebih banyak dipakai di makeup ala barat. So, there’s no such thing as right or wrong :)

Foundation gimana? Butuh kuas ngga?
Nah, kebetulan saya tipikal orang yang ga pake foundation untuk sehari-hari. Pake bb cream pun jarang banget, cukup kalo mau ada event tertentu aja di-apply pake small synthetic brush (unbranded). Saya lebih suka kulit terlihat seperti kulit manusia beneran hehe, lengkap dengan pori-porinya yang besar :P

Trus bedanya kuas yang mahal & yang murah apa?
Kualitas, udah jelas. Tapi bukan berarti yang murah semuanya jelek. Ada yang bagus, tapi jarang banget. Pada prinsipnya, pilih brush yang ngga bikin kulit kita iritasi (terasa perih ketika di ‘totol2’kan ke wajah). Jangan lupa sesuaikan dengan budget ya :D kalo ngga nemu yang affordable tapi bagus, mendingan jangan ambil resiko dengan membeli brush yang ga bagus. Kalo bisa cari bristle (bulu) yang sehalus mungkin karena kulit wajah kita sangat sensitif.

Any brand recommendation?
I’ll say EcoTools & e.l.f. Kedua brand itu vegan-friendly sehingga kita bisa tau dengan jelas bahwa bristlenya tidak terbuat dari hewan. Ini juga masuk ke wishlist saya lho hehehe :P Yang jelas kamu bisa bebas memilih merk apapun yang cocok, tidak harus sama dengan yang saya sebutkan disini kok~ yang penting bisa memperoleh manfaatnya yang sama :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s