Finding Your Skin Type

Udah baca kan di postingan ini kalo pengguna skincare di korea itu pintar dalam mengenali kebutuhan kulit dan memilih skincare mereka? Nah, supaya kita juga bisa menemukan produk yang tepat, kita wajib banget untuk tau jenis kulit kita. Pada dasarnya ada 5 jenis kulit dan kita bisa mengetahui jenis kulit kita dari karakteristiknya:

Normal Skin
Biasanya memiliki tekstur kulit yang halus dan warna kulit yang merata. Tidak ada masalah kulit yang terlihat dan ini merupakan jenis kulit yang tidak umum (yep, kebanyakan orang kulitnya bermasalah, so don’t you worry about a thing :3 you’re not alone). Pori-pori tampak kecil dan kulit terlihat sehat. Kulit jarang berjerawat walaupun kadang muncul di masa-masa remaja.

Oily Skin
Wajah terlihat mengkilat karena produksi minyak yang berlebihan. Pori-pori terlihat besar terutama di sekitar hidung, pipi, dagu dan kening. Kulit berminyak lebih berpotensi untuk timbul komedo dan jerawat (acne-prone) dibandingan dengan jenis kulit lainnya. Perhatikan juga rambut dan kulit kepala kita, jika cenderung berminyak biasanya itu indikasi bahwa kulit wajah kita jenisnya oily.

Dry Skin
Terlihat agak bersisik (flaky) dan terkelupas. Kulit terasa kencang setelah dibersihkan dan rasanya kering bila disentuh. Tangan dan kaki yang kering merupakan indikasi bahwa kulit wajah kita jenisnya dry.

Sensitive Skin
Wajah seringkali tampak agak kemerahan dan mudah iritasi. Memiliki pori-pori yang halus dan peka (karena kulitnya cenderung lebih tipis daripada kulit orang pada umumnya). Penggunaan produk yang salah dapat menyebabkan ruam atau iritasi kulit. Jenis kulit sensitif bisa merupakan gabungan dengan oily skin atau dry skin. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa berubah dari oily – dry atau sebaliknya.

Combination Skin
Ini merupakan jenis kulit yang paling umum. Biasanya kulit berminyak di daerah T-zone (kening, hidung dan dagu). Daerah kulit lainnya bisa memiliki tekstur yang halus atau kering.

Masih belum yakin dengan jenis kulit kamu? Ok, ini salah satu cara lain yang bisa dicoba: Biasanya jenis kulit diturunkan secara genetik. Coba perhatikan kulit wajah orangtua kita (atau tanyakan bagaimana kulit ortu saat seumur kita). Kalo keduanya cenderung oily & berjerawat, kemungkinan besar kita juga memiliki jenis kulit yang sama.

Jenis kulit bisa saja berubah. Bisa karena musim (faktor ini akan lebih keliatan di negara 4 musim), bisa juga karena stress, hormon, lingkungkan, polusi, dll. Untuk lebih jelasnya, coba lihat Skin Type Infographic di bawah ini.

82b0ad49aab4dc4e12132128c8e67e4d

Picture credits: http://www.healthcentral.com/skin-care/c/1443/162736/understanding-skin-types/

Further Reading:
http://www.bathandunwind.com/beauty-blog/product-category/face-care/how-to-recognise-your-skin-type/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s