Kenapa Skincare?

f186e050276ea9e9947fe10a504c4f54

Setelah sekian lama dinyatakan lulus dari kampus, akhirnya hari senin kemarin saya mampir dan ketemu adik-adik yang jadi teman main saya waktu ngerjain TA. Kebetulan saya dulu termasuk mahasiswa yang ‘menunda kelulusan’ hehe.. Waktu itu di angkatan saya tinggal 11 orang yang belum lulus, termasuk saya. Jadi setahun terakhir di kampus saya lebih banyak ketemu mereka-mereka ini. “Kak, sekarang kakak lebih keliatan cerah & bersih deh mukanya, beda banget. Gayanya juga beda, dulu itu kakak lebih macho.” :)))))

Ehem. Ini bukan pertama kalinya kulit saya dibilang ‘keliatan beda’ lho, hehehe.. bahkan sampe ada yang nyangka saya lagi perawatan di dokter. Padahal dirawat sendiri aja kok tiap hari :P Ngga wow banget sih, biasa aja (seperti manusia normal: punya pori-pori -ngga seperti porcelain), tapi untuk temen-temen yang tau gimana kulit saya waktu kuliah, pasti emang bisa ngeliat banget gimana perubahannya sekarang.

Kulit saya jenisnya sensitif + oily + acne-prone + dehydrated. Dulu sebelum rajin ngerawat kulit (apalagi kalo lagi stress atau salah pake produk atau terlalu lama kena matahari) kulit saya kadang sampe terkelupas + tapi berminyak + jerawatan + kusam. Ngga enak banget pokonya. Tapi karena saya emang gayanya santai2 aja, jadilah kesannya saya ngga bisa jaga kulit, padahal usahanya udah pol haha (ke dokter, coba produk ini itu dll).

Menurut saya, merawat kulit itu bukan berarti genit atau cari perhatian. Tapi untuk merawat raga yang sudah Allah swt titipkan pada kita. Merawat raga itu macem-macem bentuknya, misalnya olah raga, gunting kuku, mandi, makan yang sehat, dll. Merawat kulit wajah juga salah satunya. Kalo kita seneng badan kita wangi + bersih abis mandi, pasti ga mau dong mukanya terlewatkan? Jangan lupa kalo wajah itu bagian dari tubuh yang paling sering kontak langsung dengan matahari (UVA UVB), polusi udara, dll sehingga butuh perhatian ekstra. Jadi, walaupun kita bukan tipikal orang yang doyan makeup-an, kita ga boleh buta banget soal skincare. Kalo nanti kita punya anak perempuan, siapa lagi kalo bukan kita yang wajib mengajarkan? :)

Untuk produk apa yang digunakan, semuanya tergantung preferensi pribadi & kecocokannya karena tiap orang punya kulit yang berbeda. Contoh: walaupun sama-sama kulit sensitif, jenis & tingkat ke-sensitifitas-an tiap orang pasti bisa beda (we’ll talk about this later :P). Sebelum ngebahas produk, akan lebih nyambung kalo kita bahas dulu fakta-fakta rutinitas skincare, khususnya di Asia. Termasuk membahas apa saja perbedaan antara rutinitas skin care ala Asia dan rutinitas ala barat (karena bermula dari sinilah akhirnya saya pribadi menemukan produk yang cocok dengan kulit saya). Note: rutinitas skin care Asia dalam pembahasan ini merujuk pada kebiasaan yang umum dilakukan wanita-wanita di Korea & Jepang.

101 Skincare:
Part one – Skincare: Perawatan kulit a la Asia
Part two – Finding Your Skin Type
Part three – Finding Skincare Routine for You!
Part four – My Night Time Skincare Routine
Part five – My Morning Time Skincare Routine

photo credits: http://www.refinery29.com/facial-acupuncture#slide-1

Leave a Reply

